Nurturing natural talents

-->

Aktuaris, Apa itu?

Aktuaris

Deskripsi Pekerjaan:

Membantu pelaku usaha untuk melakukan analisis statistik terhadap kemungkinan timbulnya resiko dan membuat kebijakan untuk meminimalkan biaya akibat resiko tersebut. Kebanyakan aktuaris bekerja pada industri asuransi. Mereka membuat tabel prediksi terhadap kemungkinan kapan dan bagaimana klien akan mengajukan klaim, sehingga pihak penyedia asuransi bisa mengelola keuangannya secara efektif untuk menjalankan bisnisnya (meraup laba) sekaligus bertanggung jawab membayarkan klaim pada klien. Dalam perusahaan, Aktuaris kerap bekerjasama dengan akuntan, programer komputer, petugas klaim, dan pihak manajemen.

 

Kemampuan Yang Dibutuhkan:

• Penggunaan beragam aplikasi komputer, khususnya program pengolah data statistik seperti SPSS dan minitab.

• Matematika

• Kemampuan melakukan pengolahan informasi yang mencakup pengamatan, mengajukan hipotesis, melakukan pengujian statistik, dan membuat kesimpulan.

• Kemampuan pemecahan masalah jika timbul kesalahan dalam proses penyusunan perkiraan resiko.

 

Tipe Kepribadian Holland Codes: Konvensional

Pendidikan Yang Dibutuhkan:

Sarjana Ilmu Aktuaris. Kebanyakan perusahaan membutuhkan aktuaris yang telah memiliki pengalaman kerja di bidang aktuaris minimal selama 2 tahun.

Pengetahuan Yang Dibutuhkan Untuk Pengembangan:

• Matematika: Pemahaman dan aplikasi dari konsep aljabar, aritmatika, kalkulus. geometri, dan statistik.

• Ekonomi dan akuntansi: Pemahaman dan aplikasi dari prinsip akuntansi, pasar keuangan, perbankan, dan analisis terhadap laporan keuangan.

• Administrasi dan Manajemen: Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen dalam bidang perencanaan strategis, pengalokasian dan perencanaan sumber daya, sistem manajemen sumber daya manusia, dan sistem produksi.

Leave a Reply