Nurturing natural talents

-->

Bagaimana Membantu Anak Yang Begitu Pemalu Ketika Berada di Luar Rumah?

Bagaimana Membantu Anak Yang Begitu Pemalu Ketika Berada di Luar Rumah?

 

      Anak kerap merasa malu karena alasan yang berbeda. Tetapi kebanyakan karena permasalahan pada temperamen mereka. Mereka agak lambat untuk merasa aman dan nyaman saat mereka berada di luar rumah. Beberapa anak lainnya berjuang untuk mengatasi rasa cemas, terutama saat berada pada lingkungan dan bersama dengan orang yang kurang mereka kenal. Bagaimanapun, rasa malu mereka harus tetap diterima dan dihargai. Orang Dewasa di sekitar mereka perlu untuk tetap bersabar, memahami, dan memotivasi si anak, agar dia dapat mengembangkan kemampuan sosialnya.

      Tidak semua anak belajar tentang kemampuan sosial secara alami. Beberapa anak butuh bimbingan secara intensif, dan akan sangat baik dilakukan sejak awal. Anda dapat memulainya dengan mengatur jadwal bermain bagi anak. Mencari teman/kenalan di luar rumah dapat membantu anak merasa nyaman ketika harus berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah.

   Praktikkanlah kemampuan sosial di rumah. Buatlah situasi bermain peran dan minta mereka untuk melakukan beberapa hal, misalnya mengucapkan halo pada guru, menjawab pertanyaan di sekolah, dan berbicara dengan penjaga toko. Buatlah permainan serupa namun dengan situasi di luar rumah. Berilah anak penghargaan khusus jika dia berbicara atau menyapa orang lain. Jika anak belum siap, buat anak mengetahui bahwa dia akan berbicara dan menyapa orang lain ketika dia sudah siap.

     Jika anak tidak kunjung berani berbicara dan menyapa orang lain, Anda dapat mengajak dia untuk bergabung dalam kelompok terapi kemampuan sosial.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *