Nurturing natural talents

Cara Mengambil Cap Jari

Berikut adalah panduan pengambilan foto sidik jari untuk kepentingan analisis JaPo. Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan form di bagian bawah.

1. Pastikan kedua tangan (utamanya ujung jari) Anda kering serta bebas dari segala bentuk kotoran dan noda.

2. Siapkan tinta dan bantalan tinta. Anda dapat gunakan merk apa saja. Tuanglah tinta pada bantalannya. Letakkan pada meja yang datar. (Demi kesederhanaan proses analisa cap jari, Anda hanya boleh menggunakan tinta warna merah, ungu, atau biru tua )

3. Siapkan form kertas untuk cap jari yang dapat Anda unduh di sini. Form Cap Jari

4. Bagian utama dari jari Anda yang dicap pada kertas adalah bagian ujung jari. Mulailah men-cap ujung jari Anda secara ber-urutan mulai dari ibu jari hingga jari kelingking. Pada form kertas untuk cap jari telah terdapat urutan cap jari. Anda tinggal mengikuti urutan tersebut.

5. Mulailah meletakkan ujung jari Anda pada bantalan yang telah dilumuri tinta. Pastikan seluruh permukaan kulit dari ujung jari Anda telah terlumuri oleh tinta. Namun sebelum Anda menempelkan ujung jari pada form kertas cap jari, Anda dapat sedikit mengusapnya dengan tisu (agar hasil tidak meluber).

6. Mulailah menempelkan ujung jari Anda pada form kertas untuk cap jari. Lakukan sampai Anda mendapatkan cap jari dengan garis-garis yang tampak jelas. Hasil cap jari juga harus merata mulai dari bagian tengah hingga pinggir ujung jari.

Cara menempelkan ujung jari Anda pada kertas adalah:
a. Mulailah menempelkan sisi pinggir kiri ujung jari Anda
b. Lalu tempelkanlah sisi tengah dari ujung jari Anda
c. Terakhir, tempelkanlah sisi pinggir kanan ujung jari Anda

Perlu diingat, cara menempelkan ujung jari seperti yang telah dijelaskan oleh poin a, b, c adalah suatu proses yang dilakukan secara BERSAMAAN. Anda perlu menempelkan seluruh ujung jari Anda, lalu memberikan memberikan tekanan pada bagian pinggir kiri, sisi tengah, dan pinggir kanan dari ujung jari Anda.

7. Berikut ini adalah contoh form cap jari yang telah terisi. 

8. Perhatikan baris 1 kolom 1 tangan kanan ibu jari. Itu merupakan contoh cap jari yang tidak jelas.

9. Setelah Anda mengisi seluruh baris dan kolom dari form cap jari, biarkan tinta yang ada pada form mengering. Setelah itu, masukkan form kertas cap jari pada amplop coklat. Kirimkan pada alamat kantor kami: Bumi Mandiri Building Tower I, lantai 9 No. 901| Jl. Jenderal Basuki Rahmat 129-137 Surabaya.

Apabila kami temukan cap sidik jari Anda tidak jelas, maka kami akan meminta Anda untuk kembali mengambil gambar hanya pada jari yang tidak jelas terlihat.

Jika Anda ingin mengajukan pertanyaan, silahkan gunakan form berikut ini:

 

Captcha:
9 + 7 =